Minggu, 13 Mei 2012

Hamilton Kecewa Berat Start dari Belakang

Lewis Hamilton harus menerima kenyataan pahit start dari barisan paling belakang (24) di F1 Spanyol, sebentar lagi(13/5/2012). Padahal, pebalap Mclaren itu menorehkan waktu tercepat, namun ketika bendera finish dikibarkan ia tidak masuk pit dan MP4-27 yang dikemudikannya mogok.

Penyebabnya, mobil kehabisan bahan bakar. Sesuai ketentuan, usai kualifikasi mobil harus masuk pit harus disertai dengan mesin masih hidup. Selain itu, ketika mobil sampai di pit, tim harus menyerahkan satu liter bahan bakar yang ada di mobil kepada FIA.

Hanya dalam kondisi 'force majeure', pebalap diperbolehkan berhenti dengan memnperlambat kecepatan mobil lalu diam. Tapi, dengan alasan kekurangan bahan bakar, jelas melanggar aturan. Meski tim telah mengakui kalau mereka kurang memasukkan bahan bakar ke tangki untuk kualifikasi, tapi alasan itu tetap tak bisa diterima pengawas perlombaan (stewart of the meeting).

Para pengawas perlombaan menerima laporan dari direktur perlombaan (Race Director) yang menyatakan bahwa selama pasca-kualifikasi, pemeriksaan sampel bahan bakar yang diperlukan dari mobil nomor 4 tidak diterima lantaran kendaraan tidak masuk ke pit, sebagaimana tertuang dalam pasal 6.6.2 peraturan teknis FIA.

"Para pengawas mendengar dari perwakilan McLaren Sam Michael yang menyatakan bahwa mobil berhenti karena alasan 'force majeure'. Seorang anggota kru McLaren telah mengisi jumlah bahan bakar yang kurang ke dalam mobil sehingga mobil harus berhenti dan tidak bisa mengambil sampel," jelas seorang pengawas lomba.

Hamilton sendiri mengaku sangat kecewa. "Sesi kualifikasi adalah salah satu yang terbaik yang pernah saya raih. Mobil meluncur begitu halus dan rasanya fantastis," ujar Hamilton.

Ketika usai kualifikasi dan akan kembali ke pit, menurut Hamilton, seorang insinyurnya memberitahu untuk berhenti di trek. "Saya tidsak tahu kenapa dan mendengar telah dikeluarkan dari babak kualifikasi, tentu saja sangat mengecewakan."

Dengan keputusan dirinya start paling belakang, maka posisi terdepan diisi oleh pebalap Pastor Maldonado (Williams) yang didampingi pebalap tuan rumah Fernando Alonso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar